Sinabung Meletus, Medan Diselimuti Abu Vulkanik

Minggu, 24 November 2013

Sinabung Meletus, Medan Diselimuti Abu Vulkanik


foto terkini gunung sinabung



Gunung sinabung kembali meletus pada hari sabtu (23/11) pukul 21:26 wib, bukan hanya sekali namun letusan kedua dan ketiga juga terjadi pada pukul 21:38 wib dan 22:00 wib . bahkan letusan ketiga ini pun mengeluarkan material vulkanik seperti hujan batu kecil.

Erupsi gunung sinabung ini mulai berdampak bukan hanya daerah dekitar saja yang merasakan namun kota medan dengan jarak sekitar 80 km dari gunung sinabung dilanda hujan abu vulkanik pada pukul 23:00 wib hingga dini hari.

Akibat dari hujan abu vulkanik tadi malam, terlihat pemandangan warga menggunakan masker di jalanan saat mengendara. Dari pantauan aku sendiri tadi pagi masih terasa dan terlihat abu vulkanik yang turun tadi malam. Di seluruh ruas jalan yang aku lalui masih terliat abu vulkanik tersebut serta diantara mobil-mobil yang melintas juga masih terselimuti abu vulkanik.

abu vulkanik menyelimuti mobil

Jarak pandang juga masih sedikit terbatas karena udara masih terkontaminasi oleh abu vulkanik tersebut. Mata perih menjadi kendala melintas tanpa menggunakan helm dan masker.

Dari data yang ku liat di beberapa media mengatakan medan baru pertama kali mengalami dampak dari meletus nya gunung sinabung sejak letusan pada tahun 2010 lalu.

Dan berita terbarunya tadi pagi kembali gunung sinabung kembali meletus (24-11-2013).

*bahaya kesehatan
Di himput dari data-data yang ku dapat , abu vulkanik ini bisa menyebabkan iritasi mata, penyakit infeksi saluran pernapasan akut ( ISPA) , hingga gangguan pada kulit.

Abu vulkanik yang dimuntahkan sinabung ini mengandung SiO2 atau pasir kuasa yang biasa digunakan untuk membuat gelas.

Bentuk pasir kuarsa itu tidak bulat layaknya debu biasa. Di bawah mikroskop, pasar kuarsa itu tampak berujung runcing.

Bentuk abu vulkanik di liat dari mikroskop ini bisa melukai saluran pernapasan, mata bahkankulit.

Di sarankan untuk yang bertempat tinggal di kota medan untuk mewaspadai abu vulkanik ini. Jika tak terlalu penting keluar rumah sebaiknnya di dalam rumah saja.

kota berastagi yang di selimuti abu vulkanik

1 komentar :