Tahun Baru Islam

Selasa, 12 November 2013

Tahun Baru Islam









Tanggal 5 november  yang lalu umat islam memperingati tahun baru islam 1435 H yang dimana memasuki bulan muharam .

Penetapan tahun hijriah punya sejarah sendiri serta sistem pergantian hari nya menurut islam. Di postingan ini aku sedikit ingin berbagi tentang Tahun Islam beserta amalam yang baik dikerjakan pada bulan muharam yang sedang kita jalani ini.

Penetapan tahun hijriah sendiri terjadi dimana ada nya peristiwa nabi muhammad dari makkah ke madinah pada tahun 622 M.

Sedangkan untuk penetapan atau pergantian hari sendiri berbeda dengan pergantian hari di kelender biasanya. Kalau Kalender biasa yang kita gunakan hari berganti atau tanggal berganti mana kala waktu sudah pada pukul 00:00 waktu setempat, akana tetapi kalau di tahun islam ini hari atau tanggal berganti mana kala terbenamnya matahari di tempat tersebut.

Kalian Tahu Tidak kalau bulan muharram ini merupakan bulan yang disucikan selain 3 bulan lainnya dalam kalencer islam???

Iya Bulan muharram beserta bulan zulqaidah, zulhijjah dan rajab merupakan bulan yang di sucikan allah swt selain tentu nya bulan ramadhan  yang dimuliakan allah beserta bulan lainnya.

Di 4 bulan yang disucikan ini (muharram,zulqaidah,zulhijjah dan rajab) jika kita melakukan ibadah disertai dengan ibadah khusus pada 4 bulan ini insya allah pahala akan di lipat gandakan.

Untuk bulan muharram sendiri, disarankan untuk ibadah khusus pada bulan ini yaitu puasa sebagaimana sabda nabi muhammad saw “ibadah puasa yang paling baik setelah puaa ramadhan adalah berpuasa di bulan muharram”. Meski puasa di bulan ini atau bulan muharram tak di wajibkan, namun bagi siapa yang berpuasa insya allah akan dilipatgandakan pahala nya. Puasa yang dimaksud ialah puasa pada tanggal 10 muharram nanti. Puasa pada tanggal 10 muharam tersebut dinamakan puasa asyura.

Selain berpuasa pada bulan muharam ini, disarankan juga pada bulan ini untuk memperbanyak sedekah serta melaksanakan ibadah lainnya.

Bulan muharam juga merupakan suatu bulan pengampunan dosa. Sebelum ada nya ajaran islam kalau sudah masuk bulan muharram dilarang melakukan hal-hal seperti peperangan dan pertumpahan darah .
Begitulah secara singkat mengenai tahun baru islam beserta bulan muharram . Untuk harapan tahun yang baru ini , di harapkan kita semua untuk menjadi lebih baik.

Semoga pergantian tahun dapat juga menggantikan sifat buruk menjadi sifat baik, menggantikan sifat malas menjadi sifat rajin. Jangan malah kita semakin jauh dari allah , jangan malah kita mengutamakan kepentingan dunia saja tanpa melihat kepentingan akhirat .


Adil lah... Kita mengejar kepentingan dunia untuk kesenangan di dunia dan jangan lupa setelah kehidupan didunia kita akan kembali pada nya dan hidup di alam yang kekal.


2 komentar :

  1. muharram. terhitung sejak nabi hikrah dari mekah ke madinah. peristiwa ini sering pula dijadikan simbol hijrahnya umat islam dari penderitaan dan kekangan menuju kebebasan. kalau sekarang, biasa dijadikan simbol berhijrah ke arah kehidupan yang lebih baik.

    sekarang, mari kita serap dan dalami makna ini dalam setiap perilaku kita di tahun baru ini :-)

    BalasHapus
  2. amin bang ... ya bang semoga semakin tahun semakin baik ...
    terima kasih ya bang telah berkunjung, ntar aku kunjungi juga blog abang.

    BalasHapus